Minggu, 28 Februari 2010

Sulitnya Menulis Artikel

Black In News - Artikel, terdiri dari 7 huruf namun berisi dengan banyak huruf. Berbagai macam jenis artikel, namun secara umum artikel terbagi menjadi artikel opini dan artikel fakta. 

Jika diantara kedua jenis artikel ini, menurut saya yang paling sulit menulis artikel fakta. Karena pada artikel fakta, kita harus menyajikan fakta-fakta yang akurat dan tanpa rekayasa. Belum lagi resiko kesalahannya jika fakta yang kita tampilkan tidak sesuai, berakibat pembaca artikel kita salah kaprah tentang isi artikel kita yang sebenarna faktanya yang tidak sesuai. Mungkin, dari segi keuntungannya kita tidak perlu lagi berpikir tentang ide-ide dari diri kita, karena biasanya artikel ini hanya menceritakan fakta-fakta yang dirangkai menjadi beberapa paragraf.

Berbeda dengan artikel opini, yang isinya merupakan isi dari ide atau gagasan kita tentang sesuatu. Dalam artikel ini dapat berupa kritikan negatif atau positif maupun berupa saran dengan syarat ketentuan haruslah kritikan dan saran tersebut bertujuan untuk membangun bukan untuk menjelek-jelekkan objek yang kita beri kritik dan saran tersebut. Saran saya, teruslah menulis artikel yang bermanfaat bagi orang lain! (hdr, black community)

Salam Djarum Black!
Handrie Noprisson, Teknik Informatika Universitas Bengkulu.

0 komentar:

Posting Komentar

>>>> Apa Komentar Anda?