Rabu, 24 Februari 2010

Mengapa '51 Tulisan?

Black In News - Dalam Djarum Black Blog Competition ini saya sengaja memposting 51 tulisan tidak kurang dan tidak lebih. 51 ini terinspirasi dari tahun awal kesuksesan dari PT. Djarum sendiri yaitu tahun 1951. Selain itu, tahun 1951 ternyata juga tahun kelahiran orang-orang terkenal, kesuksesan, dll. Berikut sejarah-sejarah mengenai tahun 1951 :

1951: Tahun Awal Kesuksesan PT. Djarum
PT. Djarum adalah sebuah perusahaan rokok di Indonesia yang bermarkas di Kudus, Jawa Tengah. Djarum merupakan salah satu dari tiga perusahaan rokok terbesar di Indonesia (dua lainnya adalah Gudang Garam dan HM Sampoerna). Sejarah Djarum berawal saat Oei Wie Gwan membeli usaha kecil dalam bidang kretek bernama Djarum Gramophon pada tahun 1951 dan mengubah namanya menjadi Djarum. Oei mulai memasarkan kretek dengan merek "Djarum" yang ternyata sukses di pasaran. Setelah kebakaran hampir memusnahkan perusahaan pada tahun 1963 (Oei meninggal tak lama kemudian), Djarum kembali bangkit dan memodernisasikan peralatan di pabriknya. Pada tahun 1972 Djarum mulai mengeskpor produk rokoknya ke luar negeri. Tiga tahun kemudian Djarum memasarkan Djarum Filter, merek pertamanya yang diproduksi menggunakan mesin, diikuti merek Djarum Super yang diperkenalkan pada tahun 1981. Saat ini Djarum dipimpin Budi Hartono dan Bambang Hartono, yang dua-duanya merupakan putra Oei.


1951 : Diluncurkannya Film Alice in Wonderland
Alice in Wonderland adalah sebuah film animasi produksi Walt Disney, yang diadaptasi dari cerita karya Lewis Carroll yang berjudul Alice's Adventures in Wonderland dan Through the Looking-Glass. Animasi ini merupakan seri yang ke-13 dari Walt Disney Animated Classics series. Film ini dirilis di New York City and London pada tanggal 26 Juli 1951, yang didistribusi oleh RKO Pictures. Pengisi suara Alice adalah Kathryn Beaumont (yang juga menyuarakan Wendy Darling dalam serial animasi berikutnya yang berjudul Peter Pan), dan Ed Wynn berperan sebagai pengisi suara Mad Hatter. Film yang disupervisi oleh Walt Disney, yang dikenal sebagai salah satu karya terbaik Disney studio dalam sejarah film animasi, meskipun banyak kritikan yang tidak baik dari para kritikus film dari United Kingdom.

1951 : Dilterbitkannya Novel Pangeran Caspian (Prince Caspian)
Pangeran Caspian (Prince Caspian) adalah satu dari tujuh serial The Chronicles of Narnia, novel karya C.S. Lewis. Novel ini adalah novel kedua yang dibuat olehnya, tetapi novel keempat menurut kronologi internalnya. Prince Caspian bercerita tentang seorang pangeran yang bernama Caspian, lebih tepatnya Caspian ke Sepuluh. Ia tinggal bersama pamannya, seorang Lord Protector Narnia, Miraz dan istrinya yang berambut merah, Prunaprismia.

1951 : Awal Perdamaian Antara Sekutu dan Jepang
Perjanjian Perdamaian dengan Jepang (San Francisco Peace Treaty) atau lebih dikenal sebagai Perjanjian San Francisco (Treaty of San Francisco) antara Sekutu dan Jepang secara resmi ditandatangani oleh 49 negara pada 8 September 1951 di San Francisco, California. Perjanjian ini berlaku efektif mulai 28 April 1952.
Perjanjian San Francisco secara resmi mengakhiri Perang Dunia II, dan mengakhiri secara resmi kedudukan Jepang sebagai kekuatan imperialis, dan mengalokasikan kompensasi untuk warga sipil Sekutu dan mantan tawanan perang yang menderita kejahatan perang Jepang. Perjanjian ini sebagian besar didasarkan pada Piagam Perserikatan Bangsa-Bangsa dan Pernyataan Umum tentang Hak-Hak Asasi Manusia.
Perjanjian ini bersama Perjanjian Keamanan yang ditandatangani pada tahun yang sama merupakan awal dari "Sistem San Francisco". Istilah Sistem San Francisco diciptakan oleh sejarawan John W. Dower untuk menyebut hubungan Jepang dengan Amerika Serikat dan perannya di dalam dunia internasional sebagaimana ditentukan oleh kedua perjanjian yang dibuat oleh Amerika Serikat dan Jepang, dan dipakai untuk menjelaskan dampak kedua perjanjian tersebut terhadap sejarah Jepang pascaperang.

1951: Awal Kemenangan tim Ferrari di Grand Prix F1 Inggris
Grand Prix Inggris 1951 adalah balapan Formula Satu yang diselenggarakan pada tanggal 14 Juli 1951 di Silverstone, Inggris. Di balapan kali inilah tim Ferrari berhasil memenangi lomba untuk pertama kalinya.

1951 : Diluncurkannya Film Fiksi The Day the Earth Stood Still
The Day the Earth Stood Still adalah film fiksi ilmiah tahun 1951 yang berkisah mengenai pengunjung alien yang datang ke Bumi dengan peringatan. Film ini dibintangi oleh Michael Rennie, Patricia Neal, Sam Jaffe, dan Hugh Marlowe, dan disutradai oleh Robert Wise.

1951 : Awal Kesuksesan Haley
Pada tahun 1951, Haley dikontrak oleh produser Dave Miller dari Holiday Records yang berbasis di Philadelphia. Sejak itu pula, ia mengganti gaya bermusiknya dan merekam ulang lagu Rocket 88 yang pernah dibawakan Jackie Brenston and His Delta Cats. Rekaman berikutnya adalah "Rock the Joint" pada tahun 1952. Lagu tersebut pernah dibawakan sejumlah band, termasuk Jimmy Preston and His Prestonians. Ketika merekam "Rock the Joint", Haley sudah tidak dikontrak Holiday Records, melainkan oleh label rekaman Essex yang lebih besar.[5] Keduanya masih label milik Dave Miller. Kesuksesan kedua rekaman tersebut (terjual sekitar 75 ribu hingga 100 ribu keping di wilayah Pennsylvania-New England) membuat Haley yakin bahwa kombinasi rhythm and blues bercampur country bisa membuatnya sukses.

1951: Awal Sejarah Miss World
Miss World adalah kontes kecantikan internasional yang diprakarsai oleh Eric Morley pada tahun 1951 dan pertama kali diadakan di Inggris. Pertama kali diadakan sebagai kontes bikini, tetapi kemudian oleh media disebut-sebut sebagai Miss World.

1951: Max Theiler Mendapat Nobel Kedokteran 1951
Max Theiler, anak seorang dokter hewan, menempuh pendidikan di Universitas Cape Town, lulus tahun 1918, pada usia 19 tahun. Pindah ke London untuk menekuni spesialisasi dalam kedokteran tropis, menddapatkan lisensi Royal College Physicians London, lalu mengambil kedudukan di Fakultas Kedokteran Tropis Universitas Harvard, Cambridge, Massachusetts, Amerika Serikat, pada tahun 1923.
Pada tahun 1930 ia pindah ke Yayasan Rockefeller, di mana ia mengembangkan vaksin untuk demam kuning, karya yang mengantarkannya menerima Hadiah Nobel Kedokteran 1951.

1951: Kelahiran figur-figur Terkenal:
A
* Antony Zeidra Abidin
* Mitsuru Adachi
* Bertie Ahern
* Ai Takano
* Ali Gomaa
* Eko Maulana Ali
* Karen Allen
* Pedro Almodóvar
* Badruddin Amiruldin
* Gary Anderson
* Ulf Andersson
* Kenny Anthony
* Kazuya Aoyama
* Haji Ardiansyah
* Bruce Arena
* Musa Asy'arie

B
* Michelle Bachelet
* Da'i Bachtiar
* Nirwan Bakrie
* Dean Barrow
* Jill Biden
* Alain Billiet
* Dorman Borisman
* Jean-Louis Borloo
* Paul Breitner
* Gordon Brown
* Peabo Bryson
* Byron Erickson
* Traian Băsescu

C
* Cahyono
* Phil Collins
* Álvaro Colom
* Blaise Compaoré
* David Coverdale
* Cunong Nunuk Suraja

D
* Kenny Dalglish
* Daniel Branca
* Patriark Daniel
* Danurwindo
* Awang Darmawan
* John Deacon
* Ernie Djohan
* Prabowo Subianto
* Samuel K. Doe
* Charlie Dominici
* Don Rosa
* Alexander Downer
* Jean-Claude Duvalier

E
* Herlina Effendy
* Jóannes Eidesgaard
* Erwin Sudjono

F
* Siti Chalimah Fadjriah
* Dan Fogelberg

G
* Louis van Gaal
* Iwan Gayo
* Bob Geldof
* Leon Gieco
* Jean-Jacques Goldman
* Shichiro Gou
* Jürgen Graf

H
* Geir Haarde
* Rob Halford
* Tom William Hamilton
* Hardi (pelukis)
* Musa Hassan
* Hun Sen
* Anjelica Huston

I
* Barzan Ibrahim
* Dahlan Iskan
* Ivars Godmanis

J
* Usman Ja'far
* Sawung Jabo
* Jakenan, Pati

K
* Kadir
* Anatoly Karpov
* Paulo Kassoma
* Julie Kavner
* Michael Keaton
* Kevin Keegan
* Bando Amin C. Kader
* Allan Kemakeza
* Gediminas Kirkilas
* Narimitsu Kurachi

L
* Rush Limbaugh
* Ham Lini
* Fernando Lugo

M
* Andranik Margaryan
* Mark Hamill
* Alim Markus
* Tommy Mars
* Barry J. Marshall
* Mary McAleese
* Aslan Maskhadov
* August Melasz
* Seto Mulyadi
* Roger Bruce Myerson

N
* Koji Naka
* Ryusei Nakao
* Johan Neeskens
* Wolfgang Niedecken
* I Nyoman Nuarta

O
* Kumiko Osugi

P
* Piet Pagau
* Surya Paloh
* Reynold Panggabean
* Richard Parry-Jones
* I Made Mangku Pastika
* Jaco Pastorius
* Pance Pondaag
* Herman Prayitno
* Ramon Puerta

R
* Claudio Ranieri
* Richard Gozney
* Sally K. Ride
* Kenny Roberts, Sr
* Harry Roesli
* Ronald DeFeo, Jr.
* Geoffrey Rush
* Kurt Russell

S
* Samiudin
* Dono (Warkop)
* Linda Amalia Sari
* Steven Seagal
* Jane Seymour (aktris)
* Ersa Siregar
* Stellan Skarsgård
* Yakov Smirnoff
* Slamet Soebijanto
* Sukmawati Soekarnoputri
* Ken Kawan Soetanto
* Ahmed Tidiane Souaré
* Cheikh Hadjibou Soumaré
* Sting
* Robby Sugara
* Elvy Sukaesih
* Sumardjono
* Linus Suryadi AG
* Sukawi Sutarip
* Pangky Suwito

T
* Masayuki Tanaka
* Sulejman Tihić

U
* Ubol Ratana

V
* Luther Vandross

W
* Patty Wagstaff
* Patricia Wettig
* Carl Wieman
* Imelda Wigoena
* Frank Wilczek
* Robin Williams
* Agus Wirahadikusumah
* Peter Withe
* Hans Wospakrik
* Joseph Theodorus Wulianadi

Y
* Masayuki Yamamoto
* Umaru Yar'Adua
* Purnomo Yusgiantoro

Z
* Ernesto Zedillo
* Zainuddin Muhammad Zein
* Zhang Yimou
* Helen Zille

Dan banyak lagi hal-hal yang penting pada tahun 1951. (hdr, black community)

Salam Djarum Black!
Handrie Noprisson, Teknik Informatika Universitas Bengkulu.

Sumber Pendukung : Wikipedia Indonesia

0 komentar:

Posting Komentar

>>>> Apa Komentar Anda?