Minggu, 21 Februari 2010

Beralih Dari Pestisida

Black In News - Pestisida tidak asing lagi di telinga kita khususnya kalangan yang bergelut di bidang pertanian. Pestida digunakan untuk membasmi hama-hama penyakit pengganggu tumbuhan. Beberapa kesuksesan akan penggunaan pestisida, membuat para petani mulai ikut menggunakan pestisida. Namun, Pestisida yang dipandang membantu ternyata berakibat 'membunuh'. Hasil pertanian yang menggunakan pestisida menyebabkan keracunan.

Memang efek keracunan ini tidak langsung berakibat membunuh, tapi secara perlahan-lahan. Yang juga berbahaya jika pestisida pada hasil pertanian termakan oleh ibu-ibu hamil, karena dapat berakibat kelahiran cacat pada bayi.

Efek membunuh memang pada awalnya membunuh hama-hama penyakit. Namun, penggunaan pestisida ini juga dapat membalikkan keadaan. Justru hama akan seharusnya dapat diberantas, malah semakin kebal terhadap racun ini. Belum lagi dampak pestisida pada tanah. Penggunaan pestisida dapat merusak struktur tanah, yg pada hakikatnya unsur penting dalam pertanian.

Mulailah untuk perlahan-lahan mengurangi penggunaan pestisida. Gunakan alternatif lain untuk penyelamatan lingkungan hidup. Penggunaan predator untuk membunuh serangga misalnya, dapat dijadikan sebuah alternatif.

Sesungguhnya hal-hal yang alamiah akan mempunyai dampak positif. Memang diakui cara pembasmian dengan bahan kimia lebih praktis dibandingkan dengan hal-hal alamiah. Tapi apa salahnya untuk mencoba demi warisan kepada generasi selanjutnya, yaitu bumi. (hdr, black community)

Salam Djarum Black!
Handrie Noprisson, Teknik Informatika Universitas Bengkulu.

0 komentar:

Posting Komentar

>>>> Apa Komentar Anda?