Kamis, 18 Februari 2010

Semangat Indonesia Sehat!


Black In News - Indonesia Sehat 2010? Kenapa tidak? Meski tingkat kesehatan masyarakat di Indonesia tak meningkat tajam namun usaha tetap perlu dilakukan, karena tidak ada usaha yang percuma.
"Indonesia Sehat 2010 adalah sebuah harapan, harapan Anda, Saya, Kamu, dan Kita."

Harapan yang harus optimis bahwa akan terwujud. Meski ini terlihat sulit mengingat lingkungan yang masih saja tidak mencapai kata "sehat" seperti polusi udara, sanitasi yang buruk, dan lainnya. Bukan hanya pemerintah yang harus bergerak mengurus masalah ini, karena yang paling berpengaruh dari perwujudan Indonesia Sehat 2010 adalah masyarakat itu sendiri.  Namun bukan berarti pemerintah hanya santai-santai saja atas masalah ini.

Menurut saya, perilaku/gaya hidup masyarakat Indonesia saat ini semakin memburuk. Membuang sampah sembarangan salah satu perilaku yang paling sering dilakukan dan memiliki dampak yang cukup besar bagi kesehatan. Tumpukan sampah merupakan sumber penyakit yang sewaktu-waktu akan mengancam kesehatan masyarakat disekitarnya. Selain itu, budaya gotong royong dalam hidup bermasyarakat juga semakin surut. Padahal melalui gotong royong berkala pembersihan lingkungan dapat mengurangi penyebaran penyakit akibat lingkungan yang kotor.

Untuk pemerintah harusnya juga berpartipasi aktif untuk bersosialisasi di tengah-tengah masyarakat tentang pentingnya kebersihan lingkungan. Selain itu, pemerintah juga harus memberikan fasilitas untuk menunjang lingkungan sehat di masyarakat kurang mampu yang paling utama. (hdr, black community)

Salam Djarum Black!
Handrie Noprisson, Teknik Informatika Universitas Bengkulu.

0 komentar:

Posting Komentar

>>>> Apa Komentar Anda?