Minggu, 14 Februari 2010

Benteng Malborough, Bersejarah Penuh Estetika

 





Black In News - Benteng Marlborough adalah salah satu objek wisata bersejarah di kota Bengkulu. Letaknya tidak jauh dari pusat kota Bengkulu dan berada dengan tempat wisata lainnya yaitu Perkampungan China, Pantai Jakat, dan Tapak Paderi.

Benteng Marlborough ini merupakan salah satu peninggalan sejarah kolonial Inggris. Yang menarik dari benteng ini adalah bentuknya yang keseluruhan yang menyerupai kura-kura yang menuju ke arah pantai jika dilihat dari atas. Benteng Marlborough memiliki luas area kira-kira 1,5 Ha dan menghadap ke arah selatan. Benteng ini dibangun dibawah pimpinan Gubernur Joseph Collet  pada tahun 1714 – 1719. Presiden RI pertama Ir. Soekarno  juga pernah ditahan di salah satu kamar benteng Marlborough ini  ketika menjalani hukuman  di Bengkulu pada masa penjajahan Belanda. 

Di dalam benteng  Marlborough ini terdapat beberapa meriam dan ruang-ruang tahanan. Jika Anda berada atas benteng ini, Anda akan melihat keindahan laut dan langit yang sangat indah. Selain itu, juga terdapat terowongan yang kini dalam tahap penyelesaian renovasi. Penataan taman dalam benteng ini juga menambah estetika sehingga patut untuk di kunjungi jika Anda mampir ke kota Bengkulu. (hdr, black community)

Salam Djarum Black!
Handrie Noprisson, Teknik Informatika Universitas Bengkulu.

0 komentar:

Posting Komentar

>>>> Apa Komentar Anda?