Minggu, 14 Februari 2010

Pemerintahan yang Baik, Menurut Saya


Black In News - Pemerintahan adalah hal yang terpenting dalam kemajuan negara. Pemerintahan yang baik tentunya akan membawa hasil yang baik pula. Rakyat Indonesia tentunya ingin pemerintahan Indonesia sperti negara-negara sukses lainnya. Menurut Saya, pemerintahan yang baik haruslah memiliki kriteria berikut ini.

Merakyat!
Sesuai dengan prinsip awal negera demokrasi, dari rakyat dan untuk rakyat. Jadi, hal yang utama yang harus dipikirkan oleh pemerintah adalah kesejahteraan rakyat. Sehingga program-program yang direalisasikan pemerintah haruslah memihak pada kondisi  rakyat Indonesia.
 Bersikap Jujur dan Transparan 
Artinya pemerintahan hendaknya memberikan suatu laporan atau bayangan tentang kegiatan yang telah dilakukan maupun yang akan dilakukan oleh pemerintah kepada masyarakat. Sehingga masyarakat juga dapat berperan memberi saran dan dapat mengontrol dengan baik aktifitas pemerintahan. Selain itu, ini dimaksudkan agar tidak timbul desas-desus tentang halnegatif aktifitas pemerintahan yang kadang-kadang mengada-ada.
Harus Kompak dan Solid
Rasa kompak dan solid haruslah dimiliki oleh setiap pelaku pemerintahan. Dengan demikian, maka akan terbentuk kerjasama yang baik sehingga program-program pemerintahan kan lebih tepat dan cepat untuk terealisasi.
Lepas Dari Simbol Parpol
Pejabat pemerintahan sering kali mementingkan kepentingan parpolnya dibandingkan dengan kepentingan rakyat. Padahalnya jabatannya dalam pemerintahan adalah untuk pemerintahan. Selain itu, terkadang pejabat pemerintahan tidak memihak program-program pemerintahan jika bukan dibuat oelh lawan parpolnya. Seolah-olah mereka ingin saling menjatuhkan untuk mendapatkan kekuasaan dalam pemrintahan.
Bebas Korupsi dan Suap-Menyuap
Korupsi merupakan musuh terberat Indonesia. Sudah trilyunan rupiah uang negara digelapkan oleh pejabat pemerintahan yang tidak bertanggung jawab. Selain korupsi, suap-menyuap antar petinggi negara dan pebisnis high-level juga telah menjadi tren, modusnya agar bisnis "hitam" si penyuap dapat bebas dari jeratan hukum.
Mundur Jika Tak Mampu
Pejabat yang terpilih dalam pemerintahan haruslah yang benar-benar kompeten dalam hal memajukan bangsa Indonesia ini. Bagi pejabat yang tidak kemampuan untuk hal itu ada baiknya untuk mengundurkan diri agar bisa digantikan oleh yang lebih kompeten. Pejabat hendaknya jangan menganggap jabatannya sebagai alat pencari uang, tetapi untuk jalur untuk memajukan bangsa.
Penuh Disiplin
Pejabat pemerintah juga harus disiplin baik dispiln waktu maupun dispilin hukum. Namun sayangnya, pejabat pemerintahan  Indonesia kebanyakan tidak memiliki disiplin. Di media televisi sering sekali disinggung soal ketidakdisipilinan pejabat dalam menjalani tugasnya, contohnya dalam pada saat pelaksanaan rapat terlihat hanya bebarapa saja yang hadir.
(hdr, black community)

Salam Djarum Black!
Handrie Noprisson, Teknik Informatika Universitas Bengkulu.

0 komentar:

Posting Komentar

>>>> Apa Komentar Anda?