Rabu, 03 Februari 2010

Gawat! Ketahuan Mencontek

Black In News - Budaya contek-mencontek semakin berkembang dikalangan pelajar maupun mahasiswa. Materi ujian yang terlampau banyak dengan waktu belajar yang sedikit, menjadi alasan utama untuk mencontek.Mencontek saat ini banyak jenisnya, mencontek dari teman ke teman, mencontek dari catatan kecil, bahkan mencontek melalui telepon seluler.

Lalu bagaimana komentar pelajar atau mahasiswa sendiri tentang budaya mencontek?
Menurut Rahmi Oktanina, Mahasiswi Universitas Negeri Padang, "budaya mencontek sudah mendarah daging, yang tanpa disadari membuat pelajar terjebak dalam kebodohan dan berakibat pada turunya kualitas para pelajar untuk bersaing di masa yang akan datang".

Selain itu  juga harus Anda ketahui, sepandai-pandai tupai melompat pasti akan jatuh juga. Se-profesional Anda untuk mencontek, pasti akan ketahuan juga. Jika Anda tidak percaya, boleh Anda buktikan sendiri. Anda bisa mencoba menjadi pengawas suatu ujian. Dari depan ruang ujian, Anda akan menyadari dan mengetahui peserta ujian yang bersungguh-sungguh mengerjakan soal dan yang berbuat curang.

Seketika itu pula, Anda akan sadar betapa baiknya pengawas ujian yang tidak merobek atau mengusir Anda keluar meski dia mengetahui akan tindakan curang yang Anda lakukan. Maka dari itu sadarlah, sebelum semuanya terlambat. (hdr, black community)

Salam Djarum Black!
Handrie Noprisson, Teknik Informatika Universitas Bengkulu.

0 komentar:

Posting Komentar

>>>> Apa Komentar Anda?