Rabu, 03 Februari 2010

Tipe-Tipe Kecurangan Dalam Ujian

Black In News - Dalam kehidupan pendidkan di Indonesia berbuat curang dalam ujian telah menjadi sesuatu yang bisa dikatakan hal yang biasa. Hampir seluruh pelajar Indonesia mengaku pernah berbuat curang dalam ujian. Ini telah menjadi tren yang turun menurun dari generasi ke generasi.
Curang dalam ujian dibagi menjadi 3 tipe:

Tipe pertama, tipe lirik kanan dan kiri. Yipe ini paling banyak dan paling sering dugunakan oleh pelajar. Tipe ini biasanya digunakan untuk ujian yang bebentuk pilihan ganda. Disamping itu, resikonya paling hanya berupa teguran dari pengawas ujian.

Yang kedua, tipe intip catatan kecil. Tipe ini biasanya digunakan untuk soal ujian bentuk essay. Namun, tingkat resikonya cukup tinggi. Jika ketahuan, bisa-bisa kertas ujian disobek dan Anda diusir dari ruang ujian oleh pengawas.

Yang ketiga, tipe online on mobile. Tipe ini digunakan oleh pelajar medium-high class yang selalu ingin instan mendapatkan jawaban soal ujian. Meminta jawaban lewat pesan singkat dan browsing jawaban lewat internet adalah triknya. Resikonya tentu lebih berat, selain dikeluarkan dari ruang ujian, ponsel Anda pun kadang-kadang juga ditahan.

Namun, hasil usaha tanpa berbuat curang akan lebih berharga meskipun kadang-kadang nilai yang didapatkan tidak sesuai harapan.  (hdr, black community)

Salam Djarum Black!
Handrie Noprisson, Teknik Informatika Universitas Bengkulu.

0 komentar:

Posting Komentar

>>>> Apa Komentar Anda?