Minggu, 14 Februari 2010

Hindari HCN Untuk Kesehatan Laut Dan Manusia

Black In News - HCN atau yang lebih dikenal dengan asam sianada merupakan salah satu senyawa kimia yang sangat berbahaya. Dalam bentuk bebas (HCN dan CN ) sangat beracun. Meski demikian, para penangkap ikan masih saja menggunakan ini untuk menangkap ikan di laut. 

Asam sianada akan menyebabkan ikan terbius beberapa saat dan untuk beberapa jenis ikan yang sensitif akan berakibat fatal. Kualitas kesehatan hasil tangkapan dengan menggunakan asam sianida tentu saja sangat buruk. Jika asam sianida dalam ikan ini terkonsumsi oleh manusia, makan akan menganggu sistem pernapasan (sulit bernapas). Bahkan, dampak yang paling parah yaitu berupa kematian. Selain itu, penangkapan ikan dengan menggunakan asam sianida akan merusak terumbu karang. Padahal terumbu karang ini sangat berperan penting dalam stabilitas kehidupan air laut. 

Untuk para nelayan, dihimbau untuk menghentikan penggunaan asam sianida. Jika tidak bumi akan semakin rusak, dan bencana pun akan sering terjadi. Kepada pemerintah juga diharapkan untuk menindak tegas para nelayan-nelayan "nakal" ini. Dan untuk seluruh penghuni bumi, tetap serukan "Lindungi Bumi Dari Kerusakan". (hdr, black community)

Salam Djarum Black!
Handrie Noprisson, Teknik Informatika Universitas Bengkulu.

0 komentar:

Posting Komentar

>>>> Apa Komentar Anda?