Sabtu, 27 Februari 2010

Kehidupan Populasi Gajah

Black In News - Gajah merupakah salah satu jenis fauna dari puluhan jenis fauna lain yang hampir punah. Tubuhnya yang besar ternyata tidak membuatnya aman dari incaran manusia serakah. Telah banyak gajah yang mati akibat keserakahan manusia. 

Gading gajah yang bernilai tinggi menjadi salah satu faktor maraknya pemburuan gajah. Maka tak jarang Anda akan menemukan bangkai gajah tanpa gading di habitat asli gajah. Keadaan ini membuat populasi gajah semakin merasa tidak nyaman. Akibatnya populasi gajah berpindah ke tempat lain yang dianggapnya lebih aman. Keadaan ini membuat beberapa tempat yang seharusnya bukan tempat habitat yang layak bagi gajah menjadi rusak. 

Struktur tanah yang gembur semakin gembur karena sering dilalui oleh gajah dengan massa yang berat, akibatnya tanah semakin mudah terkikis jika terjadi hujan. Belum lagi pepohonan yang rusak akibat keberadaan gajah tersebut. Hal yang paling tepat yaitu membuat relokasi habitat khusus bagi gajah-gajah ini. Akan banyak manfaat yang akan diambil jika relokasi ini dibangun sebaik-baiknya. Antara lain :
  1. Mengurangi pemburuan liar gajah, sehingga populasi gajah dapat terjaga.
  2. Dapat mengurangi kerusakan lingkungan akibat sikap hidup populasi gajah yang semakin tidak nyaman.
  3. Menambah penambahan pendapatan pemerintah karena relokasi ini bisa dijadikan pariwisata yang sangat menarik jika ditata dengan baik.
  4. Meningkatkan perekonomian rakyat sekitar. Jika pariwisata ini ramai dikunjungi wisatawan maka pendapatan masyarakat pedagang kaki lima yang berjualan disekitar relokasi akan bertambah pula.
(hdr, black community)

Salam Djarum Black!
Handrie Noprisson, Teknik Informatika Universitas Bengkulu.

0 komentar:

Posting Komentar

>>>> Apa Komentar Anda?