Sabtu, 20 Februari 2010

Menata Indonesia Kembali


Black In News - Untuk menata negeri ini menjadi yang lebih baik haruslah memiliki rasa cinta kepada Indonesia. Apabila rasa cinta telah tertanam dalam diri, maka akan muncul ide-ide kreatif yang membangun negara kaya akan sumber daya ini. 

Mencoba melupakan sejenak 'cap' negara tertinggal untuk Indonesia. Teruslah berpikir positif bahwa kemunduran yang dialami bangsa ini sebagai sebagai pijakan untuk loncatan yang lebih jauh lagi. 

Tapi inilah negara Indonesia, individunya selalu saja sibuk dengan kegagalan, terlebih jika pelaku utama pembuat kegagalan itu merupakan individu yang menjadi lawan mereka, padahal individu-individu ini berada dibawah payung yang sama yaitu bangsa Indonesia.

Selain itu, untuk menata negara ke arah yg lebih baik, haruslah dirancang program-program kerja yang sesuai dengan keadaan bangsa Indonesia saat ini. Kepentingan untuk memperkaya diri sebaiknya jauh-jauh dihindari oleh para pejabat negara. 

Sedangkan untuk segi pengaturan pelanggaran yang dilakukan dalam kehidupan di negara Indonesia ini, nampaknya masih mengambil peran penting dari nilai dan norma di daerah-daerah. Sedangkan untuk norma hukum, kurang menjadi panutan karena penerapannya yang sering kali menyeleweng dari peraturan yang sesungguhnya. Peraturan dapat dilonggar-longgarkan untuk manusia beruang (berduit, red) dan untuk manusia tak punya peraturan dibuat seketat-ketatnya.

Untuk menata Indonesia kembali, perlu peran rakyat untuk memonitor dan memberikan ide-ide terbaru. Dan untuk para wakil rakyat, aspirasi rakyat jangan hanya didengarkan tetapi juga disampaikan dan direspon dengan baik. (hdr, black community)

Salam Djarum Black!
Handrie Noprisson, Teknik Informatika Universitas Bengkulu.

0 komentar:

Posting Komentar

>>>> Apa Komentar Anda?