Sabtu, 20 Februari 2010

Sebuah Harapan Untuk Pendidikan Indonesia

Black In News - Pendidikan adalah hal yang paling penting untuk kemajuan tingkat kehidupan di dunia. Adanya komputer, kalkulator, mesin cuci, televisi karena adanya perkembangan pendidikan. Setiap orang pasti memerlukan pendidikan untuk memperbaiki taraf intelektual dan kesejahteraan hidupnya di masa depan.

Berbicara pendidikan di Indonesia, masih banyak yang perlu dibenahi. Indonesia memang telah diakui dunia dalam bidang pendidikannya karena prestasi yang diraih dalam berbagai olimpiade sains dan teknologi.

Namun, prestasi tersebut tak sepenuhnya mewakili potret pendidikan di negara Indonesia.

Fasilitas sekolah yang belum memadai menjadi salah satu faktor yang sangat berpengaruh. Bahkan yang lebih parahnya lagi, ada beberapa gedung sekolah yang tak layak pakai dan belum di renovasi.

Pemerataan pendidikan di Indonesia belum terlaksana. Sehingga terdapat perbedaan yang mencolok antar fasilitas sekolah di desa dan berada di kota. Padahal, setiap orang berhak mendapatkan pelayanan pendidikan yang sama.

Yang paling sulit saat ini adalah mengenyam pendidikan di universitas. Biaya yang dikeluarkan tidak sedikit untuk mendapatkan gelar sarjana saja. Belum lagi kualitas pengajar dan fasilitas yang ada masih tertinggal dengan negara tetangga lain.

Maka tidak salah, banyak orang Indonesia melanjutkan studi universitas ke negara lain. Yang paling menarik perhatian adalah sistem pendidikan yang diberikan oleh pemerintah Singapura. Selain memberikan beasiswa kepada mahasiswa asing, Singapura juga memberikan keringanan waktu pembayaran kuliah yaitu mahasiswa dapat melunasi biaya kuliah mereka setelah bekerja di Singapura. Ini menjadi salah satu strategi pemerintah Singapura untuk menghasilkan sumber daya manusia yang berkualitas dari universitasnya sendiri. Perlu diketahui, biaya untuk mendatangkan sumber daya manusia bermutu dari luar lebih mahal dibandingkan memberikan peluang kepada mahasiswa asing untuk berpendidikan di Singapura. Sehingga lulusan dari universitas di Singapura ini dapat membantu perkembangan negara Singapura. Mahasiswa asing dari Indonesia di Singapura saat ini tidaklah sedikit dan memiliki intelektual yang tinggi. Tidak ada salahnya Indonesia meniru strategi Singapura ini, sebelum semakin banyak SDM berkualitas pergi meninggalkan Indonesia. (hdr, black community)

Salam Djarum Black!
Handrie Noprisson, Teknik Informatika Universitas Bengkulu.

0 komentar:

Posting Komentar

>>>> Apa Komentar Anda?